Skip to content

Apa itu Pinjaman Ringkasan Bank ?

Written by

bigpatens

Pinjaman ringkasan bank merupakan salah satu opsi slot pragmatic play untuk melakukan kredit guna membeli atau membayar suatu barang secara instan meskipun anda belum memiliki daya untuk membeli barang tersebut. Untuk melakukan pinjaman ringkasan bank biasanya bank melakukan metode survei untuk melihat terlebih dahulu apakah sang nasabah mampu untuk membayar cicilan ketika sudah diberikan pinjaman atau tidak masuk dalam kategori atau persyaratan untuk mendapatkan pinjaman bank.

Jika kita bertanya sudah atau tidak mendapatkan pinjaman dari bank sebenarnya kembali lagi kepada keuangan kita. Jika keuangan kita lancar dan membutuhkan modal atau ingin mengambil suatu kendaraan dan properti pasti mudah saja. Yang jadi masalah jika si calon nasabah memiliki track record keuangan yang bermasalah, pasti akan susah untuk mengajukan pinjaman ringkasan bank.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis – jenis badan peminjaman ringkasan bank. Apa saja sih ? Simak ulasan berikut ini.

Jenis – Jenis Badan Usaha Pinjaman Bank

Di beberapa negara tentu saja memiliki beberapa badan usaha yang memberikan jasa pinjaman uang dengan tujuan meraih keuntungan melalui bunga. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa badan usaha ringkasan bank yang terdapat di Indonesia.

Leasing Adira

Sumber pinjaman uang pertama adalah Adira. Leasing Adira ini biasanya digunakan untuk melakukan pengajuan kredit dalam membeli kendaraan seperti motor atau mobil. Leasing ini biasanya melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan bahwa keuangan calon nasabanya stabil atau tidak ada masalah. Tenor yang diberikan juga beragam mulai dari cicilan 6 kali sampai cicilan 60x. Semakin lama tenor yang anda ambil, maka bunga yang berlaku juga semakin besar. Jadi jika ingin melakukan pengambilan unit kendaraan melalui leasing ini, gunakanlah tenor yang lebih cepat dengan disertai Down Payment (DP) yang besar untuk memperingan bunga yang harus anda tanggung.

Kartu Kredit

Selanjutnya adalah Kartu kredit. Kartu kredit yang bisa anda ajukan melalui beberapa bank konvensional seperti bank BCA, MEGA, CIMB, BNI, dan beberapa bank lainnya. Untuk pengajuan kartu kredit memang sedikit rumit dengan melakukan survei keuangan dan harta terlebih dahulu.

Namun jika anda mempunyai keuangan yang baik direkening simpanan anda, biasanya kartu kredit ditawarkan ke anda melalui telepon dan tidak perlu melewati masa fase seperti survei dan lainnya.

Kelebihan kartu kredit ini adalah bisa digunakan untuk membeli apapun sesuai dengan limit yang diberikan. Selain itu juga bunga yang diberikan 0% sehingga banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Bank Komersial

Selanjutnya adalah melalui bank komersial seperti pengajuan pinjaman tunai langsung ke bank BCA, Danamon, CIMB, atau bank lainnya. Biasanya cara ini juga harus melewati survei terlebih dahulu dan melakukan persyaratan yang diajukan. Bunga yang diberikan jauh lebih ringan dibandingkan dengan bunga leasing seperti Adira atau leasing lainnya.

Untuk melakukan pinjaman ini, anda juga harus memberikan beberapa harta berharga seperti surat rumah atau surat surat penting lainnya untuk dijadikan jaminan selama anda meminjam uang dari bank.

Pegadaian

Opsi selanjutnya adalah melalui pegadaian. Pegadaian ini adalah perusahaan pemerintah yang bergerak dalam bidang pinjaman uang disertai dengan jaminan yang sesuai. Jadi intinya jika anda ingin meminjam uang melalui pegadaian anda harus memberikan jaminan yang setara dengan nominal pinjaman anda. Untuk bunga biasanya tidak ada bunga yang diberikan, namun jika anda tidak sanggup membayar dalam jangka waktu yang ditentukan, maka jaminan tersebut akan menjadi milik pegadaian.

Pembahasan Mengenai Suku Bunga Pada Pinjaman Anda

Setelah kita membahas jenis – jenis sumber pinjaman, maka pada paragraf ini kita akan membahas tentang suku bunga. Besar ga sih suku bunga pinjaman ? Itu semua tergantung dari mana sumber pinjaman anda. Jika melalui leasing, tentu saja bunga yang harus anda tanggung cukup besar. Apa lagi jika mengambil pinjaman dengan tenor yang lama, pasti bunga yang harus ditanggung nasabah semakin besar. Lantas bagaimana mengatasinya ? Ya tentu saja meningkatkan jumlah DP anda dan mengambil tenor yang rendah.

Beda cerita lagi jika anda menggunakan kartu kredit. Beberapa kartu kredit memberikan fasilitas anda dengan suku bunga cicilan 0%. Menarik bukan ? Namun biasanya kartu kredit memiliki limit nominal tertentu yang bisa anda gunakan. Namun anda juga harus bijak saat menggunakan kartu kredit, karena kartu kredit ini bisa digunakan kapan saja dan untuk membeli apa saja selama batas limit anda masih ada.

Banyak orang yang menjadi sesuka hati berbelanja sana sini menggunakan kartu kredit dan tidak sadar akan cicilan yang harus di tanggung pada akhir bulan nanti. Hal ini lah yang biasanya menjadi para pengguna kartu kredit malah menjadi terjerat hutang yang besar. Oleh sebab itu anda juga harus memiliki sikap yang bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Banyak sekali keuntungan dari kartu kredit yang bisa anda dapatkan, mulai dari kemudahan bertransaksi, kemudian anda juga bisa mendapatkan beberapa hadiah seperti door price yang di undi setiap ada event tertentu.

Manfaat lainnya adalah anda bisa menggunakan kartu kredit untuk melengkapi kebutuhan anda disaat anda belum mempunyai uang yang banyak. Selain itu anda juga bisa memutarkan uang anda untuk usaha dan mencicil barang yang ingin anda gunakan untuk kartu kredit.

Untuk anda yang baru saja ingin membuka kartu kredit, kami menyarankan anda memilih kartu kredit yang memiliki suku bunga 0% untuk meringani beban yang akan anda tanggung nantinya. Tidak semua bank mengeluarkan kartu kredit dengan bunga 0% loh, jadi saat ingin membuat, tanyalah terlebih dahulu suku bunga yang akan anda tanggung nantinya.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai pinjaman ringkasan bank. Bagaimana ? Apa anda tertarik untuk melakukan pinjaman uang? Jika tertarik, anda bisa langsung mencoba beberapa jenis pinjaman diatas. Namun ingat, jangan sampai anda terlilit hutang akibat tidak bisa membayar pinjaman anda. Pastikanlah anda mampu membayar pinjaman tersebut dalam waktu yang sudah ditentukan.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa mengedukasi anda. Apabila ada salah kata dan kalimat kami mohon maaf dan terima kasih telah membaca artikel ini dari awal sampai selesai. Sampai jumpa.

Previous article

Perbandingan Suku Bunga Bank & Suku Bunga Pembiayaan Konsumen

Join the discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *